TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Tv Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup – Saya tahu perasaan pulang dari hari kerja yang panjang dan menemukan TV Anda tidak bisa menyala. Ini membuat frustrasi untuk sedikitnya, tetapi jangan khawatir!.

 

Saya akan membagikan tutorial dengan beberapa perbaikan mudah. Hari ini kita akan membahas cara memperbaiki tv tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

 

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Jika Anda adalah penggemar LED, dan TV Anda menunjukkan masalah ini. Ada beberapa item yang harus Anda yakini. Saat lampu daya aktif, coba gunakan tombol daya untuk menekan tombol sakelar saluran, misalnya, atau bahkan untuk menaikkan atau menurunkan volume.

 

1. Uji Coba Tombol Sakelar dan Volume TV

Langkah pertama adalah menguji tombol sakelar untuk saluran di kanan bawah TV Anda. Jika Anda sudah menekan tombol sakelar, atau tombol volume dan tidak ada perubahan, mungkin ada komponen di TV LED yang mengalami masalah. Jika layar tidak berubah, dan tetap mati maka penyebabnya adalah komponen Elco pada TV LED bermasalah.

 

Kondisi seperti ini biasa disebut dengan istilah dead standby. Ini berarti bahwa layar tidak akan menyala terlepas dari apakah itu dihidupkan dan lampu indikator dihidupkan. Ini adalah masalah umum dengan TV LCD dan LED.

 

Biasanya karena Elco menuntut untuk mengganti TV, namun dalam beberapa keadaan mungkin memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Berbagai merek dapat memiliki berbagai penyebab.

 

2. Coba Untuk Melepas Kabel TV dari Sumber Listrik atau Stop Kontak

Hal kedua yang perlu dilakukan jika televisi LED tidak dapat menyala meskipun listriknya dihidupkan, adalah melepas rangka TV jika semua kabel tidak terhubung ke sumber listrik. Periksa ketegangan di bagian b+115. Ada dua skenario ketika b+ normal.

 

Lanjutkan untuk menguji bahwa transistor horizontal. Jika b+ berkurang, transistor horizontal harus dicabut dan diperiksa apakah masih turun atau tidak. Jika tidak, masalahnya terletak di dalam transistor. Jika terus turun maka mungkin catu daya bisa menjadi alasannya.

 

Jika Anda tidak mengenal komponen TV LED, disarankan untuk segera berbicara dengan ahlinya. Untuk beberapa merek, tempat komponen yang membentuk TV mungkin berbeda, oleh karena itu penting untuk memperhatikan jalur pengoperasian rangkaian komponen untuk menentukan penyebab masalah.

 

Selain itu, untuk komponen yang lebih kecil, seperti transistor, pengetahuan yang cukup diperlukan untuk mengetahui apakah mereka berfungsi seperti yang diharapkan atau sudah tidak berfungsi.

 

Kesimpulan

Jika Anda pernah berada dalam posisi tv tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, jangan khawatir! Kami memiliki semua jawaban untuk apa yang mungkin salah dengan televisi Anda.

 

Sebagai permulaan, tentukan apakah stopkontak dicolokkan ke stopkontak dan jika demikian, coba ganti stopkontak untuk melihat apakah stopkontak lain akan berfungsi.

 

Selanjutnya, periksa untuk memastikan tidak ada asap hitam yang keluar dari bagian belakang atau bawah TV karena dapat mengindikasikan kerusakan akibat panas berlebih.

 

Terakhir, cabut perangkat elektronik lain yang dicolokkan ke sirkuit yang sama dengan TV Anda untuk berjaga-jaga jika terlalu banyak menggunakan listrik. Sekarang Anda dapat keluar dan menikmati waktu yang dihabiskan untuk menonton sesuatu yang baru di Netflix tanpa khawatir tentang cara memperbaiki barang elektronik Anda yang rusak.

Leave a Comment